Tuesday, March 28, 2006

semanggi - senen, buswayly

pulang dari plasa semanggi, gue antara ragu ragu pengen pulang naek bis biasa apa busway. karena kalo busway di jam pulang kantor, khan cenderung penuh. tapi kalo naek bis biasa, juga kadang kadang sering ada hal hal yang kurang menyenangkan.
setelah gue mutusin naek busway, trus gue mikir, lha entar gue turun dimana ya, sarinah, sawah besar, apa pengen nyobain nyambung ke itc cempaka mas?
 
awal awal project busway, tiap jembatan penyeberangannya pasti dijaga petugas, tapi kemaren, serem aja!, disamping samping, pada nongkrong beberapa orang + tukang jualan + pengemis dan ga ada lampu.. dasar proyekan! .. nyaman sesaat, nyaman semu!
 
pas diloket beli tiket, ada tempelan ditulis spidol di kertas, dan kertas nya udah compang camping gitu. "untuk penumpang yang hendak melanjutkan ke pulo gadung atau kalideres, turun di sawah besar, lalu tanyakan pada petugas"
my God! gak menyakinkan sekali, siapa tau itu pengumuman udah gak berlaku tapi masih tertempel, ..
tapi gue lagi males nanya nanya.
 
dan seperti biasanya, orang mana ada yang ngantri di dalem halte nya, nge gerombol, mbo' ya bikinin jalur antrian yang mirip di bank, bisa di geser geser sesuai keperluan ...(ayo! ayo!... yang mau jualan queue line itu mungkin bisa ditawarin ke sutiyoso).
bus pertama, sebagain kecil penumpang bisa masuk,
bus kedua, agak kosong, tapi koq mbak mbak mahasiswi didepan gue malah berenti gak menaikin bus nya, padahal petugas pintunya masih ngasi tanda boleh masuk.. darn! .. gue cuma berdecak sebel aja..  kalo emang mo kaya' gitu, yah kasi lewat orang dibelakangnya dong.. gue khan jadi kehalang sama mereka. dudul!
bus ketiga, gak kosong kosong juga, akhirnya masuklah gue ke bagian depan, since orang orang seperti biasa, demen banget nge gerombol di pintu...
 
related article : busway
 
sampe lah di sawah besar, rame banget antrian yang mau ke kota. keluar bus, masuk ke halte, langsung ngeliat tulisan print-out yang nujukkin tempat nunggu pulogadung. yah lumayan gak perlu nanya, walopun tetep aja sign nya ga meyakinkan gitu.
gak berapa lama, munculah busway biru tujuan pulogadung, tapi kalo yang orens mungkin harus hati hati karena bisa aja tu bus ke kalideres.
 
nah busway arah pulogadung ini, ternyata kembali melewati monas, huh! bolak balik, kenapa gak dibebasin aja transit di monas?!
soalnya halte nya terpisah sih antara halte dari arah blok-m dan dari arah harmoni. kalo nyambung, khan transit nya enak.
kalo tetep nekat turun di monas sih bisa aja tadi, cuma khan bayar lagi untuk karcis ke pulogadung nya.
 
dalam perjalanan ke senen,  beberapa kali busway harus nge ngakson mobil yang nekat maju padahal yang ijo itu lampu lalin busway bukan lampu lalin biasa. ini lah kacau nya. buat orang yang ngga ngeh, dan ga tau kalo lampu lalin busway itu berbeda dengan lampu lalin biasa, akhirnya nyelonong aja ketika lalin busway ijo, padahal lalin biasanya masih merah....bahaya.
lokasi kacau itu, di deket bundaran indosat mau belok ke arah gambir, sama deket stasiun gambir yang menuju patung pak tani.
 
sampe lah di senen
berakhir sudah perjalanan nyaman gue, karena gue tetep harus nyambung metromini ke tanjung priok, dimana akan sering ngetem, tukang jualan dan pengamen, dan kemacetan lokal di 'ji ung.
 
Post a Comment