Thursday, August 04, 2005

berkendara

berkendara di jakarta sama sekali jauh dari nyaman.
ngga! .. gue nggak ngomong mengenai orang yang cuma duduk di sopirin [di dalam mobil mewah yang empuk] atau di boncegin. gue ngomong mengenai orang yang berada dibelakang setir atau setang.

gue biasanya melakukan hal hal ini kalo berkendara di jakarta.

  • mematuhi rambu lalu lintas .. [oooohh puuhhlleeeaaseee..] .. yea! cliché, i know .. tapi dengan elo ngikutin aturan, elo akan meminimalisir keruwetan yang udah ada.
    • di lampu merah, gue biasanya berhenti di belakang garis.
      • soalnya kalo elo berenti di depan garis, loe akan lebih kesulitan melihat lampu lalu lintas yang sudah berubah menyala hijau. karena kemungkinan besar lampu lalu lintas itu ada di samping atau belakang elo
      • buat motor, loe akan mudah terpancing oleh motor laen yang sengaja mem-bablas lampu yang jelas jelas merah

  • ketika sedang melaju, jangan berada di sebelah kiri metromini, bus, bajaj, mikrolet atau taksi dan sejenis laennya
    • mereka punya kebiasaan maen rahasia rahasiaan dengan Tuhan, since cuma mereka dan Tuhan yang tahu kapan mereka akan berhenti atau mengiri.

  • kalo naek motor, sama sekali gak ada bagusnya buat paru paru elo untuk berada dibelakan bus, metromini atau bajaj.
    • selaen gak sehat, loe juga gak akan bisa tau kapan tuh bus, mikrolet, metromini, bajaj akan berhenti.

  • nah sekarang agak susah, elo harus ngapalin -- minimal tau-- rute bus, metromini, mikrolet di jalanan dimana sekarang elo sedang melaju.
    • dengan elo tau kapan tuh bus, metromini, mikrolet mau belok loe bisa memperkirakan manuver yang harus elo lakukan
    • dengan menghindari tempat tempat biasanya bus, mikrolet, metromini itu berenti agak lama (ngetem). seengga enggaknya elo gak terjebak diantara bus, metromini, mikrolet yang pengen ngetem

  • hati hati di ruas jalan yang sering menjadi jalan pintas buat motor atau bajaj, soalnya mereka mengambil arah berlawanan dari arah alur lalu lintas

  • nyasar lah!, dengan nyasar, elo akan lebih mengenal situasi lingkungan dan jalan dimana elo nyasar
Post a Comment